Sejarah Resep Kopi Dalgona - Lengkap Cara Membuatnya

Sempat Viral resep dalgona dimasa karantina berasal dari TikTok. tepatnya dari akun @iamhannahcho yang menggunggah video berdurasi 20 menit tentang pembuatan kopi dalgona pada 15 maret 2020, video ini viral karena tampilan minuman menarik dan resep yang digunakan tergolong sederhana, dan murah.

Sumber Freepik

Berasal dari mana resep dalgona yang sebenarnya?

Kopi dalgona sempat diperkirakan berasal dari korea selatan hanya saja namanya bukan kopi dalgona. Melainkan disebut ppopgi yang artinya minuman madu. Bentuknya pun mirip dengan permen dan rasanya memang mirip kopi dalgona. Jajanan ini sangat terkenal dan harganya murah. Namun, setelah ditelusuri ternyata bukan hanya korea selatan yang memiliki jajanan yang kemiripannya seperti kopi dalgona. Di Makau, Yunani, Kuba, India, dan Pakistan, ternyata jajanan yang mirip juga banyak ditemui.

Di Makau minuman ini terbuat dari kopi instan, gula, dan air panas yang jumlah takarannya sama. Campuran tersebut lalu dikocok hingga menjadi krim, kemudian ditambahkan ke susu dingin atau panas.
Di Yunani, minuman yang mirip dengan dalgona disebut kopi Frappe. Minuman ini merupakan es kopi khas yunani yang terbuat dari kopi instan, gula, air dan es. Kopi frappe sendiri pertama kali diciptakan pada september 1957 oleh Dimitros Vakondios.

Di Kuba juga terdapat cafe cubano, yakni espressonya negara Kuba yang dibubuhi campuran krim mirip dalgona. Sementara di India dan pakistan kopi mirip dalgona dikenal dengan beberapa nama, yakni kopi pheta (halus), kopi phenti hui, kopi phitti hui, cappucino india , dan variasi lainnya.

Jadi dapat ditarik kesimpulan bahwa berbagai negara di dunia sebenarnya memiliki versi kopi dalgonanya masing-masing. Lagi pula kopi dalgona memang merupakan versi lain kopi kocok yang mudah ditemui diberbagai negara. Hanya saja mungkin tidak terlalu populer.

Resep ultimate membuat kopi dalgona, anti gagal, murah meriah

Bahan yang dibutuhkan:

  • Kopi atau Milo (masing-masing satu bungkus)
  • Gula
  • Susu cair
  • Sp (Cake Emulsifier). Sebagai pengembang
  • Air panas
  • Susu kental manis

Alat

  • Mixer atau multi-chopper. (bila tidak punya, ya sudah aduk pakek sendok atau spatula hingga mengembang atau kalian yang kelelahan)

Cara membuat

  1. Tuangkan semua bahan dalam baskom atau wadah yang cukup besar.
    Kopi/milo, satu sendok makan gula, satu sendok Sp (pengembang) ,sepuluh sendok makan air panas
  2. Hidupkan mixer atau chopper, (bila tidak ada mixer atau multi chopper aduk) hingga mengembang dan berubah warna
  3. Jika belum mengembang, tambahkan air panas, sedikit saja jangan terlalu banyak, atau takaranya menggunakan sendok
  4. Aduk dengan kecepatan tinggi, hingga mengembang
  5. Jika sudah mendapatkan hasil yang diinginkan, seperti warna akan memudar, dan terlihat jauh lebih banyak isinya
  6. selanjutnya, siapkan gelas hias pinggir gelas menggunakan susu kental manis, masukan es, tuang susu, dan masukan cream dalgona di atas susu
  7.  hias bagian atas cream menggunakan bubuk kopi atau milo yang tersisa
Sumber quora

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url